Sabtu, 13 April 2013

Kepariwisataan (Tulisan 20)



Palm Island, Dubai




Palm Island yang diciptakan oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum ini memang bertujuan meningkatkan pariwisata di Dubai. Terletak di lepas pantai Uni Emirat Arab, setiap pulau di Palm Island berbentuk pohon palem yang diatapi sebuah bulan sabit dan berisi sejumlah besar tempat hunian dan pusat hiburan. Well, kepulauan ini memang proyek reklamasi tanah terbesar di dunia dan membentuk kepulauan buatan terbesar pula. Palm Island terdiri dari tiga pulau; Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira.
Membuat tempat ini menjadi keren banget bukan pekerjaan mudah. Bayangkan saja, pembangunannya memakan waktu empat tahun, mulai dari pengkonstruksian pondasi tanah, pengerukan pasir sampai penempatan bebatuan sebagai pemecah gelombang.

Palm Jumeirah

Palm Jumeirah adalah pulau terkecil dari dua pulau lainnya. Tapi luasnya lebih besar dari 800 lapangan sepakbola. Pulau yang proses pembangunannya dimulai sejak Juni 2001 ini berbentuk pohon palem dengan cakupan sebuah batang mahkota berdaun 17, dan sebuah pulau berbentuk bulan sabit yang mengelilinginya.
Di pulau ini ada hotel, tiga tipe villa yang jumlahnya 1.400 unit, 2.500 apartemen, pesisir, marina, restoran, cafe dan berbagai macam pertokoan retail. Dua pesawat tempur Sabre F-100 sengaja ditenggelamkan di dekat Palm Jumeirah untuk membuat lingkungan buatan yang tujuannya untuk mendukung kehidupan bawah laut. 

Palm Jebel Ali

 Palm Jebel Ali dilingkari oleh Dubai Waterfront. Pulau yang 50% lebih besar dari Palm Jumeirah ini meliputi enam marina, sebuah taman hiburan air Sea Village, rumah panggung di atas dan trotoar yang melingkari cabang palem yang membentuk sebuah puisi Arab karya Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Tahun 2012 fase pertama dari empat taman hiburan akan dibuka di Pulau Sabit. Taman yang diberi nama World of Discovery ini meliputi Seaworld, Aquatica, Busch Gardens dan Discovery Cove. 

Palm Deira 

Ini dia pulau buatan terbesar di dunia yang dibangun menyusul kepulauan lainnya di Palm Island. Luasnya sekitar 93,75 km2 dengan 18 cabang palem dan siap dihuni lebih dari satu juta orang. Tidak jauh beda dengan dua pulau lainnya, Palm Deira akan berisi tempat hunian, marina, shopping mall, sport center, dan tempat hiburan. Akan ada tiga tipe villa di pulau ini; Premier Villa, Grand Villa dan Vista Town Homes.

Sumber


Analisis

Palm Island adalah sebuah pulau berbentuk pohon palem. Sebenarnya tempat itu untuk hunian tetapi karena bentuknya unik maka tempat itu menjadi tempat wisata yang banyak menarik para wisatawan. Disana adalah kota modern anda bisa kepantai dengan jarak yang sangat dekat dan juga berbelanja di mall mall modern d sana. Menarik untuk dikunjungi karena pulau-pulaunya berbentuk pohon palem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar