Dalam membangun usaha bisnis di
zaman seperti ini tidaklah mudah. Pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat serta
arus globalisasi yang terus mengalir membuat kita sebagai manusia harus lebih
cerdik lagi untuk bertahan hidup. Sulitnya mencari lahan untuk membuka lapak
adalah salah satu titik masalah yang menghambat ketika seseorang akan memulai
bisnisnya.
Kurangnya modal dan kreatifitas juga
bisa membuat bisnis yang sudah kita jalani bertahun-tahun bisa hancur dalam
hitungan detik. Sebagai pebisnis tentunya kita harus selalu memiliki ide-ide yang
unik dan kreatif. Agar, bisnis yang kita bangun kuat bersaing dengan yang lain.
Begitu banyak restauran-restauran
yang menawarkan berbagai tema unik dan diluar nalar kita. Seperti kafe toilet,
kafe bertema Rumah Sakit, dll. Mereka juga mengggunakan nama-nama makanan
mereka dengan sangat unik dan kreatif seperti baso granat, ayam lepas, ayam
jingkrak, ayam kelelep, nasi goreng gila, dll. Apa pun mereka lakukan untuk
menarik pelanggan sebanyak-banyaknya dan mereka bersaing secara sehat.
Memulai usaha tidak memandang umur.
Kita bisa memulainya dari sekarang. Agar ketika kita sudah tua nanti kita
tinggal menikmati hasilnya. “Habiskanlah jatah gagalmu sedari muda”, begitulah
kata pepatah yang sering saya dengar. Dan itu benar-benar membuat saya tersadar
bahwa saya harus bangkit dan menjadi pengusaha sukses. Dengan adanya proposal
ini saya ingin mengembangkan bisnis Aksesoris Gadget saya dan mengembangkannya
menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. Besar harapan saya semoga cepat
terwujud.
Begitu banyak tempat – tempat toko
yang hanya menjual “barang” itu-itu saja. Kami akan membuka sebuah toko
aksesoris gadget yang tidak biasa. Kami akan memadukannya dengan sebuah kafe
sederhana yang mempunyai unsur campuran modern, klasik, dan tradisional. Hanya
ada satu di dunia dan menjadi yang pertama di Indonesia. Atas kesepakatan
bersama kami memberikan nama usaha kami, yaitu: “SAFE ZONE”. SAFE ZONE adalah
kepanjangan dari Aksesoris Gadget & Kafe. Dengan harapan pelanggan akan
tertarik untuk datang dan membeli segala produk yang kami tawarkan dengan
pelayanan yang ramah dan bersahabat.
2
Manfaat Usaha
Bisnis usaha dibidang gadget dan
kuliner menawarkan berbagai keuntungan yang sangat besar bagi pemilik sekaligus
bagi masyarakat dan lingkungan sekitar yang membantu. Pemilik usaha dapat
menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka anak-anak muda yang pengangguran.
Terutama anak-anak muda yang terobsesi pada bidang teknologi gadget dan
kuliner. Manfaat di sini terbagi dua yaitu manfaat ekonomis dan manfaat sosial
2.1 Manfaat Ekonomis
·
Meraup
keuntungan yang besar
·
Menawarkan
produk dengan harga murah dan terjangkau
·
Memberikan
pendapatan yang layak untuk seluruh karyawan
2.2 Manfaat Sosial
·
Menciptakan
lapangan pekerjaan
·
Memudahkan
masyarakat dalam mencari aksesoris gadget yang sulit/langka
·
Mengobati rasa
rindu anak-anak muda yang merindukan jajanan SD, SMP, SMA. Di kafe ini kami
juga menyediakan menu kuliner jajanan anak sekolahan seperti itu. Semua
dikumpulkan dan ada di SAFE ZONE.
3
Rumusan Masalah
3.1 Bagaimana cara mendapatkan lahan
yang strategis?
3.2 Bagaimana cara mengantisipasi
persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini ?
3.3 Apa yang menjadi keunggulan SAFE
ZONE dengan toko-toko yang lain?
4
Produk
Produk yang saya jual di sini adalah
berbagi jenis gadget dan aksesoris gadget yang selalu menjadi incaran anak muda
sampai orang tua, serta untuk di kafe kami akan menyediakan berbagai jenis makanan
dari Indonesia dan barat.
Jenis –jenis aksesoris gadget SAFE
ZONE
·
Tongsis
·
Tomsis (Tombol
Narsis)
·
Tomsis Bluetooth
·
Tomsis Kabel
·
Lensa 3 in 1
·
Lensa Superwide
0,4
·
Berbagai jenis
Powerbank
·
Berbagai Tipe
jelly case handphone
·
Menjual berbagai
macam handphone
·
Flashdisk
·
Memory Card
·
Lazypod
·
Car holder
·
Touch U
·
Berbagai jenis
charger handphone
·
Berbagai jenis
headset
·
Armband Sport
case
·
Kabel data
·
Speaker
·
Dan lain-lain
yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu
Daftar varian menu Kafe SAFE ZONE
Menu jajanan SD, SMP,
SMA
·
Telur Gulung
·
Telur Gulung
campur mie
·
Telur cetak
bulat-bulat kecil
·
Sate Cireng
·
Otak-otak kering
·
Cakwe
·
Martabak mini
·
Mie sakura
·
Popcrorn
·
Gulali berbagai
macam bentuk (ayam, balon, boneka,dll)
·
Cilung
·
Sosis bakar
(Bumbu balado, rendang, sate)
·
Pop ice
·
Es teh manis
·
Es jus (mangga,
jeruk, melon)
·
Es doger
·
Es sirup
warna-warni
·
Baso cuanki
·
Cilok
goreng/basah + telur
·
Cimol
·
Es kue pelangi
saus susu cokelat
·
Kue rangi
·
Jus tomat
·
Nasi kuning
Menu jajanan
tradisional Ala Indonesia
·
Ayam goreng
kremes gemess + Nasi suci + Es teh manis bahagia
·
Pecel Ayam/Lele
gaul
·
Nasi goreng
gadget
·
Mie ayam Tongsis
·
Ketoprak rumor
·
Wedang ronde 123
·
Susu Jahe
semriwing
·
Nasi meong -
meong
·
Rendang moo
·
Bakso Superstar
·
Air Suci
Menu Barat
·
Steak + French
Fries
·
Burger big
·
Pizza
·
Spaghetti
·
Fried Chicken
·
Rice box
·
Sandwich
·
Crepes
Menu asli dari SAFE
ZONE
·
Burger Ungu
(dari ubi ungu)
·
Instagram cake
·
Facebook cake
·
Line cake
·
Path cake
·
Google + cake
·
Jus alpukat
sensasi grove
·
Milkshake oreo
sensasi selfie
Dengan memiliki berbagai macam varian produk
dan menu tersebut maka pengunjung dapat memilih produk dan menu yang mereka
inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Setelah mereka lelah
berbelanja mereka dapat bersantai di kafe SAFE ZONE, mereka yang telah membeli
Aksesoris Gadget di SAFE ZONE mendapatkan potongan harga makan di kafe SAFE
ZONE sebesar 30%. Bagi yang tidak ingin membeli aksesoris gadget mereka tetap
diperbolehkan untuk hang out di kafe SAFE ZONE ini. Menu makanan yang kami berikan
tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti formalin, wantek,
boraks, dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak
kesehatan.
5
Analisis SWOT
5.1 Faktor Internal (Kekuatan dan
Kelemahan)
Kekuatan
· Penyajian yang
mengambil titik kelas menengah dengan harga terjangkau serta kualitas produk
yang berkualitas dan rasa makanan yang enak merupakan salah satu kekuatan dari
usaha ini.
· Kelengkapan
seluruh aksesoris gadget merupakan hal yang sangat kami utamakan.
· Harga yang
sangat terjangkau sehingga dapat
dinikmati oleh semua kalangan masyarakat
· Sensasi tema
dari Toko dan Kafe memiliki daya tarik masing-masing. Dimana toko aksesoris
gadget bernuansa modern klasik dan kafe yang bernuansa modern, kalsik, dan
tradisional.
· Kami menyajikan
kafe dengan tradisional yaitu dengan metode lesehan. Serta peralatan makan dan
minum kami menggunakan keramik tanah merah dan daun pisang.
· Banyaknya jenis
aksesoris gadget yang tersedia membuat konsumen bebas memilih barang yang
mereka butuhkan.
· Banyaknya jenis
makanan dan minuman yang ditawarkan membuat konsumen bebas memilih berbagai
jenis makanan yang disediakan.
Kelemahan
·
Faktor tempat
sangat mempengaruhi kelancaran suatu bisnis. Apabila tempatnya tidak terletak
di pinggir jalan maka pengunjung akan sedikit.
·
Permintaan
konsumen akan menurun jika aksesoris gadget tidak lengkap
5.2 Faktor Eksternal (Kekuatan dan
Kelemahan)
Kekuatan
Melihat semakin majunya
teknologi gadget saat ini. Membuat banyak orang membuat berbagai macam aksesoris gadget demi menunjang kenyamanan
para pengguna gadget. Mereka menciptakan semua itu agar memudahkan kita dalam
menggunakan gadget. Peluang usaha aksesoris gadget ini sangat besar. Karena
teknologi akan terus berkembang dan permintaan pasar akan terus meningkat.
Kelemahan
Menurunnya pendapatan masyarakat akan
mempengaruhi usaha ini. Masyarakat menjadi lebih hemat dalam mengeluarkan uang.
Di situlah naik turun dari bisnis ini.
6
Perencanaan Usaha
6.1 Dalam Jangka Pendek
Dalam jangka pendek rencana saya
hanyalah berjualan online dan menjadi reseller dari beberapa toko aksesoris
gadget disekitar rumah. Dalam penjualan saya hanya melibatkan satu teman saya yang juga memiliki bisnis di
bidang lain. Tapi secara keseluruhan binis ini dikendalikan oleh saya sendiri.
6.2 Dalam Jangka Mengengah
Usaha yang saya rintis ini pastinya
akan saya kembangkan demi mewujudkan
impian dan cita-cita saya , yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang
sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan
usaha saya kedepannya. Saya akan terus menekuni bidang ini. Saya akan
membuatnya semakin berkembang dan maju. Saya akan terus mempromosikan usaha saya, baik dari mulut ke mulut, media
online, dan media yang lainnya.
6.3 Dalam Jangka Panjang
Dalam jangka panjang saya akan
menabung dan meminjam uang ke Bank untuk mencari lahan untuk berjualan. Saya
akan membangun sebuah toko Aksesoris Gadget yang besar serta dipadukan dengan
kafe yang bernuansa gadget dan teknologi modern denga tema klasik, modern dan
tradisional. Dimana para pelanggan dapat membeli gadget kemudian kumpul bersama
dengan rekan-rekannya disana. Saya juga berencana akan membuka sebuah cabang
jika kelak bisnis ini sukses.
7
Analisis Pasar dan Pemasaran
7.1 Target Pasar
Segmentasi pasar sangat berpengaruh
terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan di
pikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan
dari pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan
dapat mengurangi penghasilan perusahaan, dan mengakibatkan banyak dampak
negative bagi perkembangan perusahaan tersebut.
Maka dari itu kami memilih
lokasi yang kami gunakan untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari
Kota Bekasi. Mengapa saya pilih Kota Bekasi? Karena saya melihat potensi
ekonomi yang dimiliki kota Bekasi sudah mulai terbit dan itu akan membuahkan
hasil yang cukup besar. Sekarang Bekasi sudah mulai di kenal orang. Banyak para
investor yang mencari lahan di Bekasi. Dikarenakan lahan di Jakarta sudah
sangat sulit untuk dicari. Maka dari itu saya memilih Kota Bekasi sebagi Target
pasar yang sangat strategis.
Hal utama yang kami perhatikan
dan lebih kami utamakan yaitu pelayanan,
kelengkapan produk dan kebersihan serta
kenyamanan toko dan kafe yang lebih kami utamakan dari kondisi persaingan dalam
pemasaran, serta reaksi para pesaing. Selain hal tersebut di atas, dalam
menentukan biaya dan laba yang diharapkan, SAFE ZONE mengutamakan kondisi dan
orientasi pasar yang setiap waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan. Selain itu, yang menjadi target pasar kami
yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami
berdiri.
7.2 Pesaing
Pesaing saya adalah toko-toko
aksesoris gadget dan restoran-restoran unik lainnya. Jadi saya harus membuat suasana di
toko dan kafe gadget benar-benar terasa perbedaannya. Terdapat banyak pesaing
dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita
menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita
merasa tidak senang dengan tindakan kita. namun kekeluargaan harus tetap selalu
terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan
pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di
tetapkan.
7.3 Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran
pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah,
kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian
besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami
berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan untuk
aksesoris gadget yaitu mulai dari Rp. 5.000. sampai dengan Rp 15.000.000.
Sedangkan untuk harga menu makanan dan minuman yaitu mulai dari Rp 2.000 sampai
dengan Rp 50.000.
8
Strategi Pemasaran
8.1 Dengan media Internet
Strategi pemasaran saya adalah menggunakan
media online. Seperti pada saat ini saya
hanya menggunakan Facebook, Line, whatsApp, Path, BBM, dan Instagrarm.
Karena masyarakat zaman sekarang sudah banyak yang mengenalm internet dan
belanja online sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita. Jangkauan iklan
pun menjadi lebih luas dan lebih banyak pembeli. Kelak juga saya akan membuat
blog SAFE ZONE untuk memajukaan usaha ini.
8.2 Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang
paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi
ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kampus kita atau keluarga dan
saudara untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua
konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan cara ini sudah saya
gunakan sejak merintis usaha Raya Cell yang saya mulai tahun lalu dan hingga
kini. Kelak saya akan menggantinya dengan nama SAFE ZONE.
9
Strategi Promosi
Untuk menarik minat konsumen agar
membeli produk sekaligus menu kafe yang
ditawarkan, kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
·
Kami akan
menwarkan sebuah Paket hemat kepada pelanggan yang membeli perlengkapan selfie.
Seperti berikut:
-
Tongsis + Lensa
= 80.000 (dari harga normal 93.000)
-
Tongsis + Tomsis
Bluetooth = 70.000 (dari harga normal
83.000)
-
Tongsis + Lensa
+ Tomsis Blutooth = 110.000 (dari harga normal
138.000)
· Apabila
pengunjung membeli minimal satu aksesoris gadget maka pelanggan tersebut akan
mendapatkan potongan harga sebesar 30% yang dapat digunakan untuk membeli
makanan dan minuman di kafe SAFE ZONE.
·
Kami akan
mengadakan undian berhadiah bagi reseller aktif setiap 3 bulan sekali.
·
Apabila pengunjung
sudah berbelanja dan makan di SAFE ZONE lebih dari 5 kali, maka akan kami beri
kupon gratis sebesar Rp 100.000.
10
Analisis Operasional
10.1 Modal
·
Sumber modal
-
Modal sendiri :
Rp 700.000.000
-
Modal dari
investor : Rp 50.000.000
* Modal awal (perlengkapan
yang dapat digunakan dalam jangka panjang)
·
Lapak
-
Ruko : Rp
300.000.000
-
Aksesoris gadget
: Rp 200.000.000
-
Lemari kaca 3
buah : Rp 30.000.000
-
Meja lesehan 20
buah : Rp 15.000.000
-
Alat WIFI 3 buah
: Rp 2.000.000
-
AC 7 buah : Rp
20.000.000
-
Tablet 20 buah (sebagai alat untuk memesan makanan
dan minuman terpasang di setiap meja yang terhubung langsung ke dapur pesanan)
: Rp 20.000.000
10.2 Harga Produk
Harga untuk produk aksesoris gadget adalah
sebagai berikut:
·
Tongsis Rp
38.000
·
Tongsis Bluetooth
Rp 120.000
·
Tomsis Bluetooth
Rp 45.000
·
Tomsis Kabel Rp
60.000
·
Lensa 3 in 1 Rp
55.000
·
Lensa Superwide
0,4 Rp 90.000
·
Berbagai jenis
Powerbank Rp 50.000 – Rp 700.000
·
Berbagai Tipe
jelly case handphone Rp 25.000 – Rp 300.000
·
Menjual berbagai
macam handphone Rp 500.000 – Rp 15.000.000
·
Flashdisk Rp
70.000 – Rp 200.000
·
Memory Card Rp
60.000 – 90.000
·
Lazypod Rp
35.000
·
Steer Car holder
Rp 35.000
·
Touch U Rp 8.000
·
Berbagai jenis
charger handphone dan tab Rp 30.000 – Rp 70.000
·
Berbagai jenis
headset Rp 25.000 – Rp 35.000
·
Armband Sport
case Rp 50.000
·
Kabel data Rp
20.000
·
Speaker Rp
45.000 – Rp 160.000
·
Dan lain-lain
yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu
Menu jajanan SD, SMP,
SMA
·
Telur Gulung Rp
2.000
·
Telur Gulung
campur mie Rp 3.000
·
Telur cetak
bulat-bulat kecil Rp 4.000
·
Sate Cireng Rp
3.000
·
Otak-otak kering
Rp 5.000
·
Cakwe Rp 5.000
·
Martabak mini Rp
5.000
· Mie sakura Rp 5.000
·
Popcrorn Rp
6.000
·
Gulali berbagai
macam bentuk (ayam, balon, boneka,dll) Rp 3.000
·
Cilung bumbu
bawang goreng Rp 2.000
·
Sosis bakar
(Bumbu balado, rendang, sate) Rp 5.000
·
Pop ice Rp 5.000
·
Es teh manis Rp
3.000
·
Es jus (mangga,
jeruk, melon) Rp 8.000
·
Es doger Rp
8.000
·
Es sirup
warna-warni Rp 6.000
·
Baso cuanki Rp
7.000
·
Cilok
goreng/basah + telur Rp 5.000
·
Cimol Rp 5.000
·
Es kue pelangi
saus susu cokelat Rp 4.000
·
Kue rangi Rp
5.000
·
Jus tomat Rp
8.000
·
Nasi kuning Rp
10.000
Menu jajanan
tradisional Ala Indonesia
·
Ayam goreng
kremes gemess + Nasi suci + Es teh manis bahagia Rp 20.000
·
Pecel Ayam/Lele
gaul Rp 15.000
·
Nasi goreng
gadget Rp 15.000
·
Mie ayam Tongsis
Rp 15.000
·
Ketoprak rumor
Rp 10.000
·
Wedang ronde 123
Rp 5.000
·
Susu Jahe
semriwing Rp 5.000
·
Nasi meong –
meong Rp 3.000
·
Rendang moo Rp
15.000
·
Bakso Superstar
Rp 20.000
·
Air Suci Rp
2.000
Menu Barat
·
Steak + French
Fries Rp 50.000
·
Burger big Rp
40.000
·
Pizza Rp 45.000
·
Spaghetti Rp
30.000
·
Fried Chicken Rp
25.000
·
Rice box Rp
15.000
·
Sandwich Rp
15.000
·
Crepes Rp 15.000
Menu asli dari SAFE
ZONE
·
Burger Ungu
(dari ubi ungu) Rp 20.000
·
Instagram cake
Rp 30.000
·
Facebook cake Rp
30.000
·
Line cake Rp
30.000
·
Path cake Rp
30.000
·
Google + cake Rp
30.000
·
Jus alpukat
sensasi grove Rp 10.000
·
Milkshake oreo
sensasi selfie Rp 15.000
10.3 Analisis Marketing
·
Penjualan
Penjualan dilakukan enam kali dalam
seminggu dan libur setiap hari Senin , dilakukan dari pagi pukul 10.30 hingga malam hari pukul 10.00. Kami juga menerima pesanan
dalam jumlah kecil dan menengah, dikarenakan modal yang terbatas kami belum mampu melayani
jumlah pesanan yang besar.
· Pembagian hasil kerja
Usaha SAFE ZONE ini merupakan usaha yang
dirintisoleh saya sendiri kemudian berencana mengembangkannya dengan mencari
investor menggunakan modal awal dengan cara patungan, maka dari itu keuntungan
juga kami bagi rata dengan para investor dan para karyawan yang berpartisipasi
dalam membantu usaha ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar