Sabtu, 13 April 2013

Kepariwisataan (Tulisan 14)



Objek Wisata Luxor, Mesir




Luxor yang merupakan kota museum sejarah terbuka yang terkenal di Mesir. Mesir merupakan negara yang terkenal dengan museum sejarah arkeolog yang terbesar dan terluas di dunia. Mesir adalah negara yang didominasi oleh tanah tandus dan gurun gersang tetapi memiliki kebudayaan yang sangat menarik untuk diketahui.

Bangunan yang memiliki nilai sejarah dan peninggalan zaman dulu menjadi magnet para wisatawan untuk berkunjung ke negara ini. Mesir terkenal dengan Piramida dan Sphinx yang menjadi makam atau tempat mumi raja – raja diawetkan. Ada juga Laut Merah yang terkenal dengan kisah Nabi Musa yang membelah laut tersebut ketika Nabi Musa dan pengikutnya melarikan diri dari kejaran Firaun.

Kota ini terletak di lembah sungai Nil  yang dahulu menjadi ibukota negara di zaman Mesir kuno (pada tahun 1550 – 1069 sm). Kota Luxor yang merupakan bagian dari Kota Thebes ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Luxor Timur dan Luxor Barat. Pembagian kota ini berdasarkan kepercayaan mesir kuno terhadap siklus peredaran matahari (terbit di sebelah timur,terbenam di sebelah barat) merupakan sistem solar yang melambangkan siklus kehidupan bangsa Mesir,maka Luxor timur merupakan pusat aktivitas peradaban dimana segala mahluk hidup lahir,tumbuh dan menjalani kehidupan. Sedangkan Luxor barat merupakan lokasi kubur atau makam dan kuil persembahan dewa kematian. 

Luxor sekarang ini berkembang sebagai kota modern dimana masyarakat nya mayoritas memiliki mata pencaharian dari industri pariwisata. Hotel, restaurant,pusat perbelanjaan dan aktivitas bisnis lainnya berpusat di timur sungai Nil. Sementara Luxor barat selain tetap merupakan kompleks makam juga merupakan redensial bagi petani,peternak dan nelayan.

Objek wisata yang paling banyak diminati terletak di Luxor bagian timur adalah Kuil Karnak dan Kuil Luxor. Jarak antara Kuil Karnak dan Kuil Luxor adalah sekitar tiga kilometer. Kuil Karnak merupakan kuil yang sangat besar di zaman Mesir kuno. Kuil Karnak dan Kuil Luxor dahulu menjadi tempat beribadah masyarakat Mesir pada zaman firaun.

Objek wisata yang terpenting lain nya adalah kuil Luxor,lokasi kuil ini sungguh ideal terkonsentrasi di jantung kota Luxor. Konstruksi kota Luxor membentang paralel dengan Sungai Nil. Arsitektur kuil Luxor menonjolkan kesan elegan,dibangun oleh Pharaoh Amenhotep III,kemudian diperbaharui oleh Ramses II. Bahkan pada dekade Alexander the Great,kuil ini kembali dimodifikasi.

Salah satu sudut unik di Kuil Luxor adalah adanya Masjid Abu Al-Haggag yang dibangun oleh pemerintah arab pada abad ke -13. Pada gerbang utama kuil terdapat sebuah obeliks dari batu granit merah muda setinggi kurang lebih 25 meter. Mulanya obeliks ini terpancang sepasang,namun satu dari obeliks pada abad ke – 19 berpindah ke Perancis sebagai hadiah dari Raja Mohammed Ali untuk rakyat Perancis,yang saat ini terpancang di De la Concorde – Paris. Jangan khawatir bila senja beranjak larut,karena kawasan kuil dilengkapi dengan lampu sorot yang memberikan kesan kuno,historikal dan eksotik dibandingkan dengan wisata di siang hari.

Selain kedua kuil ini,di kota Luxor anda juga dapat berkunjung ke museum yang sangat terkenal yaitu Mummification museum & Luxor museum. Setelah itu jika kita lapar dan ingin mencoba makanan yang enak, anda bisa berwisata kuliner atau jalan jalan disekitar jalan Sharia Al – Corniche. Di sini jejeran toko souvernir,restaurant terapung atau cafe tenda berderet di sepanjang jalan yang menawarkan hidangan tradisional maupun seafood. Jika anda lelah setelah berkeliling kota ,anda dapat menggunakan jasa caleche (kereta kuda/delman). Untuk berkeliling kota dengan caleche anda dikenakan biaya sekitar 10-15 mesir poundsterling. Ada juga pilihan bersantap dinner yg romantis dengan menggunakan felucca (perahu tradisional berlayar putih) sambil menikmati sunset. Tapi untuk yang satu ini,anda harus menyiapkan budget extra,karena anda harus menyewa felucca nya secara private.

Sumber


Analisis

Jika anda seorang wisatawan yang senang dengan tempat-tempat bersejarah seperti Luxor ini. Anda harus menyempatkanm diri untuk mengunjunginya. Selain berwisata disana anda juga dapat mengetahui bagaimana sejarah Luxor dan tempat itu banyak menyimpan misteri yang sangat menarik untuk kita ketahui.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar