Rabu, 10 April 2013

Kepariwisataan (Tulisan 11)



Wista Kuliner Ayam Goreng dan Nasi Uduk H. Babe Saman





Ini dia salah satu nasi uduk legendaris di Jakarta, yaitu Nasi Uduk & Ayam Goreng H.Babe Saman. Pecinta kuliner yang sering mampir ke daerah Kebon Kacang pasti sudah mengenal tempat kuliner yang satu ini, terlebih karena Nasi Uduk H.Babe Saman sudah berdiri dari tahun 1963 ini dan popularitasnya sudah menyebar kemana-mana. Bahkan setiap tahunnya Nasi Uduk H.Babe Saman ini rutin mengikuti festival makanan yang diadakan oleh produsen kecap ternama, jadi sudah cukup dikenal luas oleh orang dari luar Jakarta sekali pun.

Kedai H.Babe Saman ini sebetulnya merupakan kedai biasa yang menawarkan Nasi Uduk sebagai menu andalan utamanya, ditemani aneka lauk pauk sebagai teman pendampingnya. Nasi Uduk H.Babe Saman dikemas dalam porsi yang imut-imut, dalam balutan daun pisang, dan ditaburi bawang goreng. Begitu Anda membuka daun pisangnya, harumnya nasi uduk langsung menyebar kemana-mana. Karena sistemnya Anda bebas mengambil sendiri Nasi Uduk yang dipajang di atas meja, dijamin Anda takkan cukup hanya dengan 1 porsi saja.

Bebagai menu pendamping yang tak kalah mak nyuss bisa Anda pilih, mulai dari sate Udang, Ayam goreng, usus goreng, dan masih banyak lagi. Ayam Goreng termasuk salah satu menu yang paling populer disini. Dagingnya empuk dan gurih, apalagi saat disantap dengan nasi uduk dan sambal kacang. Hmmm, enakkkk!!

Nasi Uduk H.Babe Saman sebetulnya pernah mengalami masa-masa kejayaan pada tahun 1980-an. Saat itu banyak tawaran kerjasama, sehingga kedainya banyak tersebar dimana-mana. Namun rata-rata langsung membuka kedai sendiri begitu mengetahui resep dari H.Babe Saman, dan sejak saat itu sistem kerjasama pun dihentikan.

Saat ini Kedai H.Babe Saman hanya memiliki 4 cabang, yang semuanya dikelola oleh generasi kedua. Pelanggannya pun bervariasi, mulai dari masyarakat menengah ke bawah hingga artis dan selebriti. Jika Anda berminat untuk mencicipi Nasi Uduk paling legendaris di Jakarta ini, langsung datang ke Kebon Kacang ya.
Sumber
Analisis
Menurut saya kuliner Ayam Goreng dan Nasi Uduk milik H. Babe Saman sangat menarik untuk dicoba karena dengan membaca penjelasannya saja sudah membuat saya ingin cepat-cepat mencobanya selain itu juga makanan ini sangat menggambarkan ciri khas makanan tradisional Indonesia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar