Tugas
1
Kewirausahaan
adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha
dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang
menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi.
Kewirausahaan atau Enterpreneurship berasal dari bahasa Perancis yang artinya Perantara.
Wirausahawan adalah orang
yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya
menjadi lebih besar daripada sebelumnya dan juga orang yang melakukan
perubahan, inovasi dan cara-cara baru.
Wirausahawan memiliki tiga jenis perilaku, yaitu: memulai inisiatif, Mengorganisasi
dan mereorganisasi mekanisme sosial/ekonomi untuk merubah sumber daya dan
situasi dengan cara praktis, Diterimanya resiko dan kegagalan.
Kunci
terpenting dari seorang wirausahawan adalah sebuah Inovasi. Ada sembilan
karakteristik menurut McClelland. Kesembilan karakteristik itu adalah Keinginan
untuk berprestasi, Keinginan untuk bertanggung jawab, Preferensi kepada resiko-resiko
menengah, Persepsi kepada kemungkinan berhasil, Rangsangan oleh umpan balik,
Aktivitas energik, Orientasi ke masa depan, Keterampilan dalam
pengorganisasian, dan Sikap terhadap uang. Kemudian juga karakteristiknya yang
sukses dengan n Ach tinggi memiliki sembilan point penting. Point-point
tersebut adalah Kemampuan inovatif, Toleransi terhadap kemenduaan (ambiguity),
Keinginan untuk berprestasi, Kemampuan perencanaan realistis, Kepemimpinan
terorientasi kepada tujuan, Obyektivitas, Tanggung jawab pribadi, Kemampuan
beradaptasi, dan, Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator.
Menurut
McClelland ada 3 kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi.
Ketiga kebutuhan dasar tersebut adalah berprestasi (n Ach), kebutuhan
berafiliasi (n Afill) dan kebutuhan untuk berkuasa (n Pow). Contoh dari n Ach
adalah Wirausahawan yang menginginkan pujian dari lingkungannya sebagai bentuk
pengakuan terhadap prestasinya tersebut. Kemudian contoh dari n Afill adalah Wirausahawan
yang ingin mempunyai hubungan baik dengan rekan kerjanya. Dan contoh terakhir
dari n Pow adalah Pegawai yang mau diatur oleh seorang wirausahawan, sehingga
wirausahawan tersebut cukup berkuasa di bidang masing-masing.
Identifikasi
Peluang Usaha Baru memiliki 7 sumber-sumber gagasan. Ketujuh sumber Gagasan
tersebut adalah Kebutuhan akan sumber penemuan, Hobi atau kesenangan pribadi, Mengamati
kecenderungan-kecenderungan, Mengamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa
yang ada, Mengapa tidak terdapat ?, Kegunaan lain dari barang-barang biasa, Pemanfaat
produk dari perusahaan lain.
Analisa
pulang pokok memiliki beberapa unsur. Unsur-unsur tersebut adalah Biaya tetap,
Biaya variabel, Biaya total, Pendapatan total, Keuntungan, Kerugian, dan Titik
pulang pokok. Analisa Pulang Pokok adalah suatu teknik untuk menentukan volume
penjualan yang harus dicapai, agar tercapai posisi impas / pulang pokok
(perusahaan tidak mendapat laba tapi juga tidak menderita rugi).
Hak
guna paten adalah pengaturan secara formal dalam suatu hubungan / cara bisnis,
dimana perusahaan franchise (pemilik hak guna paten) memberi hak istimewa
kepada franchisee (perusahaan pengguna hak guna paten), untuk menggunakan nama,
logo, produk, prosedur operasi, dsb. Waralaba adalah adalah perikatan dimana
salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari
kekayaan intelektual atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak
lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak
lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Waralaba terbagi dalam dua jenis yaitu Waralaba Luar Negri dan Waralaba Dalam
Negri. Waralaba luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih
jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi. Waralaba
dalam negeri, juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang
ingin cepat menjadi pengusaha tetapi tidak memiliki pengetahuan cukup piranti
awal dan kelanjutan usaha ini yang disediakan oleh pemilik waralaba.
Pemasaran
Langsung adalah proses penyampaian pesan maupun produk kepada pelanggan,
melalui berbagi media. Terdapat beberapa teknik alternatif dalam pemasaran
langsung, yaitu: Periklanan terklasifikasi, Periklanan display, Kiriman pos
langsung, Katalog penjualan, dan Pemasaran tanggapan langsung media.
Pembagian
berdasarkan bentuk-bentuk kepemilikan akan dijelaskan sebagai berikut. Yang
pertama adalah Pemilikan Tunggal/Perseorangan, hanya dimiliki dan dijalankan
oleh satu orang saja, pemilik juga tidak perlu membagi laba. Yang kedua adalah
Kongsi, Kongsi memiliki perjanjian yang tertulis, dimiliki oleh dua orang atau
lebih, umur perusahaan terbatas, pemilikan bersama atas harta, dan ikut serta
dalam manajemen dan pembagian laba. Dan yang ketiga adalah Perusahaan
Perseorangan, perusahaan ini berhubungan dengan hukum, Kewajiban pemilik saham
terbatas pada jumlah saham yang dimiliki, Pemilikan dapat berpindah tangan, dan
Eksitensi relatif lebih stabil/permanen.
Pada
saat berakhirnya sebuah perusahaan terdapat 3 alternatif, yaitu Likuidasi,
Reorganisasi, dan Rescheduling.
Referensi
Marsa Tsuraya
2 SA 04
14612454
2 SA 04
14612454
Tidak ada komentar:
Posting Komentar