Minggu, 22 Desember 2013

Ilmu Sosial Dasar (Tulisan 2)


Pangalengan

Berlanjut di hari ke tiga setelah kemarin dari Kawah putih. Hari terakhir kami pergi ke pangalengan 
yang letaknya juga berada di Bandung Selatan. Disini terdapat danau yang besar dan juga tempat 
pemerasansusu sapi yang kita kenal dengan susu pangalengan. Perjalanan menuju kesana sangat 
menyenangkan.karena disamping udaranya yang sejuk juga jalanan yang berliku dan sepanjang jalan kita menyusuri 
jalan disamping kita ada sebuah danau besar yang terbentang luas. Objek wisata yang saya kunjungi
kaliini agak sepi saya pun tidak tahu, mungkin karena letaknya yang lebih jauh. Berbeda dengan Kawah Putih 
yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. 

Di Pangalengan saya tidak turun dari mobil untuk melihat danau atau sekedar memancing. Kami hanya 
melihatnya dari dalam mobil dan dari kejauhan, lalu setelah dari danau kami melanjutkan ke tempat
peternakan sapi khusus untuk sapi perah. Tapi kami pun tidak memasukinya hanya melihatnya dari luar. 
Lagipula tidak diperbolehkan orang lain memasuki wilayah tersebut. Kami juga melihat pemrosesan 
rumput gajah yang menjadi bahan pangan para sapi tersebut. Makanan sudah diolah sebaik mungkin 
jadi aman unetuk dimakan para sapi tersebut. Sapi-sapi itu diberikan makan dan minum yang terbaik 
sehingga dapat menghasilkan susu yang terbaik pula. 

Sayang sekali kami tidak bisa masuk kesana. Padahal saya ingin melihat bagaimana proses pembuatan 
susu sapi tersebut. Bahkan kami pun tidak sempat mengambil foto yang banyak.

Berikut adalah beberapa foto yang berhasil saya dapatkan  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar